Oleh: Gusti Sudiartama | Februari 8, 2011

Kartika “Amreta” Masa

Sekitar bulan Oktober kita memasuki bulan Kartika, yang oleh masyarakat luas dikenal sebagai “sasih Kapat”, bulan yang ke-empat. Bulan ketika bunga-bunga bermekaran, ketika bau harum diterbangkan angin dan meliputi alam.

Kartika mendapat perhatian istimewa para “pendamba keindahan”, para kawi yang suka angdon lango, menikmati keindahan. Karena kartika adalah bulan penuh keindahan (kalangwan), bulan yang dihiasi riris (hujan gerimis) dan suara guntur yang lemah di kejauhan.

Sebuah kidung Wargasari mengawali bait-baitnya dengan lukisan bulan Kartika : Purwakaning angripta rum, ning wana ukir kahadang labuh, kartika panèdènging sari, angayon tangguli kètur, angring-ring jangga mure. Sebuah kidung yang populer tetapi juga disucikan, bahwa seorang penyair mengawali menulis “keindahan” hutan dan gunung, ketika hujan gerimis, ketika bunga-bunga bermekaran, ketika masa Kartika.

Bukan ‘hanya para kawi, pujangga atau penyair yang ingin menikmati bulan ini tetapi juga para raja : Raja yang menganggap bulan Asuji paling sesuai untuk berperang, meneruskan bahwa pada bulan Kartika ia akan berlibur di pantai atau pegunungan (yan ring Kartika masa ramya masa ninghulun amèng-amèng ring pasir wukir).

Dewi Keindahan
Mpu Tanakung menyatakan bulan Kartika sebagai “amreta-masa” masa yang memberi “kehidupan” masa yang memberi vitalitas hidup. Sebuah karya Mpu Tanakung pengarang yang juga menulis “konvensi sastra Kakawin” diberi judul Bhasa Amretamasa sebuah kakawin liris yang terangkai dengan enam kakawin liris (bhasa) karya Mpu Tanakung menguraikan tentang keindahan masa kartika, terlebih lagi ketika bulan sempurna di langit. Tapi Mpu Tanakung menjadikan keindahan masa Kartika tersebut sebagai “pendukung” jeritan hatinya yang merindukan kekasihnya, Dewi Keindahan. Setelah Mpu Tanakung melukiskan “kehancuran” hati seorang pujangga yang merindukan kekasihnya selanjutnya disuratkannya. “Ketika purnama di masa Kartika yang guruhnya lemah terdengar di kejauhan, ketika sinar bulan menyirami bunga-bunga asoka dengan sinarnya yang cemerlang, ketika burung-burung kuwong bersuara indah dan merasuk hati dengan suara tuhu-tuhu, ketika itu aku teringat dengan kecantikan dan kejelitaan diriMu, Oh Dewi”.

Memang sungguh indah lukisan Mpu Tanakung tersebut, tetapi uraian Mpu Monaguna dianggap cukup orisinil. Setelah mengumpamakan ombak-ombak yang dengan tak hentihentinya terpecah pada batu-batu karang pada bulan Kartika yang tak ada habis-habisnya, ia lalu menyamakan burung-burung yang melayang-layang di atas permukaan air dengan laru-laru (laron) yang keluar dari tanah setelah hujan pertama. Mpu Monaguna pengarang kakawin Sumanasantaka itu juga menulis bahwa seorang raja muda yang menuju swayambara adalah ibarat bulan Kartika yang tampil, air mata para wanita yang tergiur mengaguminya bagaikan kabut lembut pada bulan Kartika, pandangan mata mereka bagaikan kilat-kilat dikejauhan setelah hujan reda, sedangkan keluh kesah mereka yang lirih bagaikan gemuruh yang lemah dikejauhan.

Demikianlah bulan Kartika adalah bulan yang dinanti-nantikan oleh para pendamba keindahan, untuk menikmati keindahan, untuk menulis keindahan. Maka merekapun lalu mengembara di seputar pantai dan gunung, di seputar pasir wukir atau sagara-giri. Dang Hyang Nirartha pengarang kakawin Anyang Nirartha (berarti pengembaraan Nirartha) menulis dan menangkap masa Kartika yang indah itu dengan kalimat-kalimat berikut :

Angde kung panalangsa ing limut inaryakën ing anila karya rangkèban
byaktangëmbang uranjrah ing hëni sahing-sahing ngamirah awor lawan herbuk
kémbang ning asana nedeng karirisan bhramara pejah i tanggaling kapat
lunggah ning gadung asémi marga nika wahu lumung atuduh ing karang liman.

Artinya :
Sungguh indah riak-riak mendung yang digerakkan angin bagaikan selimut,
bagaikan bmga yang ditaburkan di atas pasir si siput merah,
bunga angsana sedang mekar tertimpa hujan gerimis namun si kumbang mati ketika paruh terang di bulan Kartika,
pohon gadung baru tumbuh di perjalanan, ia tumbuh di atas batu karang.

Angde bhranta nikang manah kasapihan lulut inuratan ing smaranglare;
kangn rehkwapasah kalawan i sang wwang araras atémah gring ing paran;
tan polih racaneng karang kun asamun lèpiting jurang ika ndadak lutur;
kady ares tanah ingwang epu karaget sawang awedi kalandeseng kuku.

Artinya :
Membuat hancurnya perasaanku karena terputus “cinta” terkena rasa asmara yang menyakiti; rindu hatiku karena berpisah denganMu;
Dikau yang cantik menawan yang menyebabkan aku sakit kemanapun aku pergi;
aku tidak berhasil menulis di dalam lontar;
lontarku menjadi kosong tak sebaris katapun berhasil kusuratkan;
bagaikan sedih kalam tulisku;
bagaikan kesedihanMu ketika dipeluk.

Ah sang tan sah i citta ning ngwang alango kawekan i rarasing karasikan;
ndak was-was ing asoka padapa téngahta malaris anglih pinangkwakèn;
sang munggwing ketering pater tinilar ing sasih keter rengih ta ri jinêm;
lungha kun kita kari soka sahajaning isi ri tulising pudak lêngêng.

Ah, Dikau senantiasa ada di hatiku ketika mengarang;
Dikau yang merupakan puncak keindahan;
Dikau terlihat di daun muda pohon padapa dengan pinggang yang langsing yang begitu indah untuk dipangku;
Dikau berada di dalam suara guruh bagaikan tengah menangis sedih, menangisi terhempasnya bunga pandan harum yang indah.

Ada yang tersirat di balik katakata indah tersebut, kata-kata yang mengandung jeritan hati yang tak tertahankan, jeritan “asmara” seorang mahakawi yang merindukan seorang dewi Keindahan.

Pelaksanaan Yoga
Pada awalnya karya-karya seperti Anyang Nirartha ini diabaikan oleh para peneliti karena memang tidak mudah memahami “makna” yang ada di balik bait-bait kakawin itu. Malah ada peneliti yang menyatakan karya tersebut sebagai karya sastra erotik dalam pengertian umum, lalu karya sastra yang tidak bermutu.

Tetapi setelah para peneliti memahami konsep kepengarahan para kawi dengan lebih baik, maka mereka mengetahui bahwa karya-karya seperti itu (termasuk kakawin Pujaning Smara karya Mpu Tanakung) menjadi begitu penting bagi usaha memahami konsep. WHD 514 Okt 2009.

sumber: parisada.org

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: