Oleh: Gusti Sudiartama | Februari 12, 2011

APA ITU VIVEKA?

Ketika anda sepenuhnya tersadar akan dukkha yang mahabesar yang menyertai kehidupan manusia, dunia yang relative, maka anda akan secara alamiah bisa mendiskriminasikan apa yang nyata dan tidak nyata. Brahman adalah yang nyata dan jagat adalah yang tidak nyata. Inilah Viveka. Maka ketulusan atau Sraddha akan bekembang. Maka akan ada aspirasi atau kerinduan untuk menyadari Tuhan. Maka anda akan mengulang-ngulang “Aham Brahman Asmi-Aku adalah Brahman”. Kemudian dengan latihan yang terus menerus, Nama, Rupa dan Sankalpa akan segera menghilang dan anda akan menyadari Brahman. Inilah yang dinamakan latihan Vedanta. Diskriminasi, ketulusan, aspirasi, senantiasa mengingat kebenaran, pernyataan  kemudian berbagai tingkatan dan cara penyadaran Diri untuk menyadari Brahman.

ALAT PEMBANTU MENGEMBANGKAN VIVEKA

Viveka atau kekuatan Diskriminasi hanya bisa di bangkitkan melalui Satsanga dan Sravana (mendengar kisah suci) yang konstan. Mereka yang telah melakukan banyak kegiatan berpahala pada kehidupan yang lampau, akan mendapatkan keberuntungan yang besar bisa bertemu dan bersahabat dengan para Mahatma, Sadhu, Bhakta, Yogi, Jnani dan Sanyasin.

KEGUNAAN VIVEKA

Pikiran senantiasa menginginkan pengulangan dari sebuah kesenangan yang dirasakan. Ingatan akan kesenangan muncul di pikiran. Ingatan memperbesar imajinasi dan proses berpikir. Dalam keadaan ini, lahirlah ketertarikan. Karena berulang-ulang terjadi, maka terbentuklah kebiasaan. Kebiasaan menyebabkan Trishna yang kuat. Pikiran kemudian melancarkan semua kemampuannya pada kekuatan kehendak yang lemah yang senantiasa berpikir keduniawian. Segera setelah diskriminasi muncul, maka kekuatan pikiran menjadi lemah. Pikiran berusaha untuk mengurangi aktivitas, menelusuri kembali jalannya untuk kembali ke rumah aslinya yaitu hati. Taring-taringnya yang beracun telah dihilangkjan oleh kekuatan Diskriminasi. Ia tidak bisa berbuat banyak jika harus berhadapan dengan Diskriminasi. Ia turun tahta. Dan dengan demikian kekuatan kehendak akan menjadi lebih kuat ketika Diskriminasi telah tumbuh. Maka berterima kasihlah kepada Viveka yang telah memungkinkan kita untuk keluar dari Samsara yang mengerikan ini.

sumber: Pikiran, Misteri dan penaklukannya; Sri Svami Sivananda; Paramita;

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: