Oleh: Gusti Sudiartama | Desember 23, 2011

Tentang Dewa Brahma

Dewa Brahma = Sebutan Tuhan yang Berfungsi sebagai pencipta.
Saktinya/Istrinya =Dewi Saraswati = Perlambang Ilmu Pengetahuan
Artinya jika manusia ingin mencipta, maka ia harus memiliki ilmu pengetahuan. Pengetahuan adalah syarat pokok bagi penciptaan. Tanpa ilmu pengetahuan tidak ada penciptaan. Itu sebabnya orang-orang di negara Barat memliki daya cita yang tinggi karena mereka mempunyai ilmu pengetahuan. Menurut Chandogya Upanisad, tanpa penciptaan tidak ada kemajuan, dan tanpa kemajuan tidak ada kebahagiaan. Sekemanya adalah sebagai berikut : Ilmu pengetahun…..Penciptaan….Kemajuan…. Kebahagiaan.

Dewa Brahma dengan 4 kepala yang menghadap kearah 4 penjuru mata angin itu menandakan Dengan ilmu pengetahunan pandangan kita akan menjadi luas. Dan ada 4 kecerdasan yang perlu kita capai :

Kecerdasan Spiritual : Kecerdasan ini akan menghantarkan bagaimana berbakti kepada Tuhan dengan dimulai dari berbakti pada diri sendiri. Kecerdasan spiritual akan membukakan mata batin kita untuk meningkatkan kebenaran. Kecerdasan ini dapat dipertajam dengan membaca filsafat atau tatwa dalam agama HIndu

Kecerdasan Emosional : Kecerdasan ini akan menghantarkan kita pada tehnik berhubungan dengan manusia lainya. Jadi ilmu yang juga terpenting di dunia ini adalah ilmu bagaimana mencari kawan. Kecerdasan ini dapat kita pelajari dalam kerangka dasar Hindu yang berupa Susila.

Kecerdasan Intelektual : Dewi saraswati bukan saja perlambang dari ilmu pengetahuan yang ada dalam kitab suci Hindu, tapi mencakup seluruh ilmu yang ada di alam semesta ini. Kecerdasan intelektual ini bisa didapatkan dari sekolah pada umumnya. Kecerdasan ini akan mengurangi pikiran kita dari hal-hal yang bersifat tahayul. Ilmu pengetahun berkembang terus. Kita sebagai manusia harus mengikuti perkembangan tersebut. Jika tidak, kita akan ketinggalan kreta.

Kecerdasan Finansial : Kecerdasan ini perlu dipelajari sejak dini. Kecerdasan ini tidak bisa dipelajari memlalui sekolah formal pada umumnya. Hindu sangat menyarankan pada umatnya untuk meraih harta yang banyak. Kecerdasan ini akan mengurangi kita untuk menggunakan kata “nasib”, Banyak orang pinter filsafat tapi miskin dalam hal materi…banyak orang cerdas intelektual dan teknologi tapi moralnya hancur…banyak orang kaya tapi hatinya busuk. Semua itu harus seimbang. itulah DHARMA -HARTA-KAMALihat Selengkapnya

oleh : Kusuma Wijaya

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: