Oleh: Gusti Sudiartama | Maret 23, 2016

Re-inkarnasi

Dalam pemahaman agama Hindu atau penganut Agama Hindu istilah punarbhawa/Samsara tentu bukan sesuatu yang asing atau aneh, tapi bagi penganut agama lain apalagi yang tidak mempercayai bahwa ada kehidupan setelah kematian tentu sangat sulit memahami ide atau ajaran tentang punarbhawa ini.

Pada sebuah tayangan TV, sempat saya tonton sebuah film yang mengangkat tema tentang roh yang mengalami proses kelahiran kembali sesaat setelah dia meninggal dalam sebuah kecelakaan, judulnya ” Audrey Ross”, pemerannya salah satunya yang saya ingat adalah Anthony Hopkins.

Ceritanya bermula ketika seorang gadis kecil, Audrey Ross mengalami suatu kejadian aneh, yaitu mimpi buruk yang terjadi menjelang hari ulang tahunnya. Kejadian  ini sering di alami oleh gadis kecil ini,  sejak ulang tahunnya yang ke-delapan. Singkat cerita menjelang hari ulang tahunnya yang ke tiga belas kejadian seperti itu semakin parah.

Ada seorang pria yang meyakini bahwa Audrey Ross ini adalah re-inkarnasi dari putrinya yang telah meninggal 13 tahun lalu dalam sebuah kecelakaan tragis.Laki-laki ini pernah menerima pesan dari dua orang paranormal bahwa roh putrinya itu telah hadir kedunia, di sebuah tempat dengan ciri ciri yang detil, tentang rumah, kamar tidur dan situasi di rumahnya. Dan Audrey Ross sangat cocok dengan apa yang diuangkapkan oleh paranormal itu.

Ayah Audrey sangat tidak percaya dengan cerita itu, bahkan menuntut laki-laki ini dipengadilan, pengadilan akhirnya memutuskan menggunakan jasa psikiater untuk menghipnotis Audrey kecil kembali ke masa kehidupannya yang lalu,sebagai upaya mengungkap kebenaran, dihadapan hakim dan persidangan. Disinilah terungkap kebenaran dari cerita laki-laki tadi, bahwa Audrey kecil ini pernah dilahirkan sebagai putrinya, yang kemudian mengalami kecelakaan tragis bersama ibunya, sehingga keduanya meninggal dalam kecelakaan tersebut, kelahiran Audrey bertepatan sesaat setelah kecelakaan tersebut. Terungkap pula bahwa roh Audrey dalam kematiannya terdahulu sangat tersiksa terkurung dan terbakar dalam kecelakaan mobil. Audrey kecilpun akhirnya meninggal dalam penangganan psikiater dihadapan hakim dan persidangan.

Menariknya film ini mengangkat tema tentang reinkarnasi, yang diambil dari Bhagawadgita, dengan gambaran yang jelas namun tidak ada kesan menggurui, atau dakwah. Bagi kita yang mempercayai tentang kelahiran kembali tentu tidak sulit memahami alur cerita dari film ini, namun bagi mereka yang tidak meyakini akan adanya kehidupan setelah kematian akan kesulitan menerima cerita film ini.

Nilai nilai agama Hindu  tentang  Punarbhawa/kelahiran kembali, sudah dilaksanakan sebagai sebuah ritual “Pitra Yadnya ” oleh masyarakat Hindu di Bali, namun masih banyak dari saudara kita penganut Hindu  yang melaksanakan upacara pitra yadnya  belum  memahami makna dan tujuan dilaksanakannya upacara ini. Terbayang dalam ingatan saya bagaimana kalau kita mengalami musibah salah seorang keluarga kita meninggal dalam kecelakaan, sebelum proses pitra yadnya dilakukan, pastilah didahului dengan upacara ngulapin yang bertujuan memanggil roh mendiang agar tidak “gentayangan”, selanjutnya roh mendiang di upacarai “pitra yadnya”agar mendapatkan tempat dan jalan yang layak sehingga dapat kembali menjalani proses “karma”- nya dengan baik, tidak menjadi roh penasaran.Sebuah proses yang  sarat makna, mendalam, detil. Sungguh suatu “nilai local genius”  yang adi luhung namun di jaman ini banyak bergeser pada ceremonial semata, sangat disayangkan. Terbayangkah seandainya salah seorang dari anggota keluarga kita meninggal  roh nya tidak melalui ritual “pitra yadnya” yang benar, kemudian menjadi roh penasaran  ??

==== sekedar renungan===

Iklan

Responses

  1. Uhhhh…. I like this artikel / opini 😀😊😘


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: