Oleh: Gusti Sudiartama | Januari 2, 2017

Sekumpul Waterfall, Wisata alam dan spiritual

sekumpul5Sekumpul, sebuah desa di kabupaten Buleleng tepatnya di kecamatan Sawan Kabupaten Buleleng. Sekumpul waterfall  bisa dicapai melalui dua desa, yaitu desa sekumpul maupun Desa lemukih, keduanya berada di kecamatan Sawan. Kalau anda datang dari arah Bedugul, untuk meuju Sekumpul waterfall ini lebih dekat melalui jalur Desa lemukih, dari kawasan puncak menuju arah Singaraja, kurang lebih 6 Km dari puncak  ada pertigaan kekanan untuk menuju Desa Lemukih, ikuti jalur ini nanti anda akan dituntun oleh penunjuk jalan menuju kawasan wisata waterfall.  sebaliknya kalau anda datang dari daerah Singaraja menuju kawasan wisata sekumpul bisa ditempuh dari arah Singaraja menuju Sangsit, kemudian sebelah timur pasar sangsit ada pertigaan ke kiri menuju Desa Sekumpul.

Baik dari Desa Lemukih maupun Desa Sekumpul, untuk mencapai kawasan Sekumpul waterfall harus melalui jalur tracking yang cukup ekstrim, anda melintasi daerah perkebunan dan persawahan kurang lebih 1,5 Km. Jangan kawatir jalan setapak sudah di beton, yang ekstrim adalah ketika anda menyusuri anak tangga beton di bibir jurang sedalam 100 meter, ditengah-tengah rimbunya pepohonan  di ditebing, anda harus menuruni anak tangga dari beton. Disinilah tantangan sesungguhnya untuk mencapai kawasan Sekumpul waterfall ini. Bagi anda yang senang dengan wisata alam “atraksi” menuruni anak tangga di lereng tebing dibawah rimbunnya hutan adalah sebuah pengalaman yang menarik sekaligus menantang. Ketika anda sampai di bawah, di kawasan wisata alam air terjun kelelahan anda akan sirna.

Kawasan Sekumpul waterfall  adalah sebuah jurang  di kedalaman lebih dari 150 meter dari desa sekitar, dikawasan ini ada tidak kurang 11 air terjun.  namun yang eksotik ada lima air terjun besar dan tinggi. Yang pertama ada di sebelah Timur jembatan, tepatnya kalau anda datang dari arah desa Lemukih di dasar jurang ketika ketemu jembatan  anda harus berbelok ke arah kanan, hanya 3 menit menyusuri tepi sungai anda akan menemukan dua air terjun besar dengan ketinggian lebih dari 100 meter yang menyatu dengan tebing alam yang sangat eksotik. Disini anda bisa mandi atau melukat sekaligus menghilangkan penat setelah menuruni tebing, sungguh sebuah karya alam yang menawan dan sangat eksotik.

Kemudian kawasan air terjun yang kedua dari tempat istirahat disekitar jembatan anda harus menempuh perjalanan kurang lebih 100 meter, menyusuri tepi sungai dan dua kali harus menyebrangi sungai dengan kedalaman selutut orang dewasa, anda akan sampai di kawasan gerombong waterfall. Disini terdapat tiga air terjun besar yang bertemu. Anda bisa bayangkan tiga buah air terjun setinggi lebih dari 75 meter bertemu  dalam satu “landscape” tersaji didepan anda. benar-benar pemdangan yang menakjubkan. Disekeliling adalah hamparan tebing alam yang masih sangat alami, dikedalaman 150 meter, sungguh suatu karya alam yang luar biasa.

Kawasan wisata alam “sekumpul waterfall” ini sungguh layak dijadikan sebagai destinasi wisata andalan di Bali utara, selain air terjun-nya yang sangat eksotik, kontur alam dan suasana jurang yang masih sangat alami membuat kawasan ini layak untuk “dijual” sebagai kawasan wisata alam dan spiritual. Hanya saja perlu dilakukan sedikit penataan akses jalan setapak dan anak tangga menuruni tebing perlu di tata agar lebih nyaman dan indah serta fasilitas umum seperti tempat ganti dan Kamar Mandi atau WC masih perlu di tambah dilokasi ini. Selebihnya biarkan alam menampilkan dirinya apa adanya.

 


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: